8 sifat penting untuk sukses

setelah penulis membaca buku “8 to be great” yang bersampulkan merah dengan angka 8 dituliskan dengan huruf Kapital dan fontnya melebihi dari 48, setidaknya ada 8 hal agar kita bisa sukses, dan ini adalah ringkasan dari 8 hal  tersebut:

1. Passion

melakukan apa yang kita sukai. misal, saya ini sukanya masak. ya udah, fokus aja di memasak. kalo udah ketemu passion nya, mau sambil dijemur masaknya, mau gosong, semua itu tetep ga bikin kita menyerah.

2. Kerja

yang paling saya suka dari sifat ini adalah, orang sukses adalah orang yang 5 to 9, bukan orang yang 9 to 5. maksudnya, bekerja keras dari jam5 pagi sampai jam 9 malam, bukan bekerja dari jam9 pagi sampai jam5 sore. karenanya, orang sukses disebut juga “workafrolic” senang bekerja, bukan “workaholic” penggemar kerja.

3. Fokus

jika kita mengerjakan sesuatu, disitu dituntut untuk berpikir secara tajam dan satu titik, alias tidak bercabang, entah itu fisik, pikiran, ataupun mental.contoh misalnya ketika sedang ngerjain PR, otak kita kadang mikirin games, nah itu tandanya sedang tidak fokus.

4. motivasi

orang sukses selalu punya motivasi. pasti pasti pasti punya motivasi. orang sukses dituntut untuk memiliki sesuatu yang mendorong dari dalam hati agar terus mau berusaha. yang paling penulis ingat adalah dengan adanya Tor-mentor dan mentor. mentor adalah pembimbing yang membuat kita terus bergerak, sedangkan Tor-mentor adalah orang yang meremehkan kita sehingga kita mau bergerak untuk membuktikan bahwa ucapan mereka itu salah.

5. Ide

orang sukses selalu punya ide. bagaimana caranya?  yaitu dengan menggunakan EYE-Q atau penjadi pengamat, pasang telinga sebagai antena nya, lempar pertanyaan, pinjam ide orang lain lalu bangun menjadi sebuah ide baru. yang terpenting ketika kita mendapatkan suatu ide, segera catat.

6. Pengembangan diri

menjadikan hal sebelumnya menjadi lebih baik, itulah pengembangan diri. ketika seorang mahasiswa hanya bisa dapat IP rata-rata sebesar 2.5 , orang yang selalu melakukan pengembangan diri IP nya akan naik terus, meskipun itu sedikit – sedikit. pengembangan diri adalah tentang menaikkan value kemampuan kita, dan itu harus dilatih setiap hari.

7. melayani

layani lah orang lain dengan nilai – nilai yang anda miliki. seperti keahlian, kegunaan, pengertian, informasi, pengalaman, kesehatan dll. karena dengan melayani orang lain, mereka akan memberikan anda kebahagiaan, kepuasan, penghargaan, pengakuan, kontribusi, dan Kekayaan. dan satu hal yang terpenting dari melayani ini adalah, Lupakan dirimu dan fokus pada orang yang anda layani. ya, ANDA! ANDA! ANDA!

8. Tekun

bab terakhir yang paling penulis ingat adalah, ‘JADILAH ORANG SABAR YANG TIDAK SABARAN” . hmm maksudnya gimana ? jadilah orang yang tidak sabar untuk menyelesaikan tugas sehari – hari, dan terus sabar seperti itu hingga bertahun – tahun lamanya. dan yang paling diingat disini adalah “QUITOPHOBIA” atau orang yang takut untuk berhenti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s