Sedekah nggak harus ikhlas dulu!

penulis membuat tulisan ini me-review sedikit cuplikan penting buku karya marah adil., Psd ( namanya asa gimana gitu :p ) dengan judul ‘ternyata sedekah nggak harus ikhlas!’ tentunya setelah baca bukunya.

coba para pembaca sekalian saya kasih pertanyaan,

lebih baik ngasih duit Rp.2000 ikhlas atau ngasih duit Rp.50.000 tapi ga ikhlas?

saya yakin, banyak pembaca yang pasti jawab, “ya lebih baik yang Rp.2000 tapi ikhlas lah, daripada Rp.50.000 tapi ga ikhlas. soalnya, kan kalo ikhlas lebih mantep ngasihnya, hati ga ngerasa nanggung.” dulu penulis juga berpikir seperti itu sih hha. kenapa bisa? soalnya berpikirnya di posisi ‘pemberi’ sih. yaa kan?

 

mari kita berpikir di posisi ‘penerima’

kalo misalnya kita sedekah ke A Rp.2000 dan ke B sebesar Rp.50.000. kira-kira siapa yang bakalan sangat senang? si B. Siapa yang lebih ikhlas mendoakan kita? si B. jadi siapa yang dapet kebaikan lebih banyak? ya tentunya ke B dengan memberi uang Rp.50.000 dong.

sudah jelas makin besar sedekahnya, makin besar juga kebaikan yang akan didapat, dan itu tidak melihat keikhlasan yang ada di dalam hati kamu. ikhlas itu sebuah kesempurnaan dalam sedekah, karena dengan ikhlas kita bisa dapet dunia akhirat. kalo tidak ikhlas, kebaikan dunia dan sedikit akhirat.

meskipun tidak ikhlas, kita tetep harus sedekah lhoo sebanyak-banyaknya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s